BAHAYA MINUM DAN MAKAN SAMBIL BERDIRI

Oni
BAHAYA MINUM DAN MAKAN SAMBIL BERDIRI

Sobat, pernahkah kita ditegur oleh teman, guru, ayah atau ibu kita disaat kita makan atau minum sambil berdiri? Jika pernah maka kita pun akan bertanya-tanya. Mengapa dilarang? Apa sebabnya? Mungkin mereka menegur karena alasan etika dan kesopanan. Dalam hadits riwayat Muslim disebutkan, bahwa Nabi Muhammad Saw bersabda: "Jangan kalian minum sambil berdiri, apabila kalian lupa, maka hendaknya dimuntahkan," lantas seorang sahabat yang bernama Qotadah bertanya, "Bagaimana dengan makan?". Beliau menjawab, "Itu lebih buruk lagi". (HR. Muslim dan Tirmidzi).
Selain itu, ternyata makan dan minum sambil berdiri bukan hanya dilarang secara agama dan etika, tetapi juga secara kesehatan. Menurut dr. Andri Setiawan, makan dan minum sambil berdiri selain dilarang lantaran alasan kesopanan, juga berdampak buruk pada kesehatan. Makan dan minum sambil duduk lebih menyehatkan daripada sambil berdiri. Pasalnya, dalam tubuh manusia terdapat jaringan penyaring atau filter yang disebut sfringer, yakni struktur maskuler (berotot) yang berfungsi membuka dan menutup.
 "Air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan di ginjal. Filter penyaring ini terbuka disaat kita duduk dan tertutup disaat berdiri," ujar dokter yang praktik di Rumah Sakit Islam Jakarta (RSIJ) itu dalam artikel Yahoo Indonesia yang ditulis oleh Rachmat Muslim.

# Bahaya minum sambil berdiri
BAHAYA MINUM DAN MAKAN SAMBIL BERDIRI
Minum air dalam jumlah proporsional sangat baik untuk menjaga kesehatan. Namun, hal ini terkait cara minum air yang benar. Minum air sambil duduk membuat air yang masuk ke tubuh disaring terlebih oleh sfringer, organ tubuh berotot yang dapat membuka dan menutup (menyebabkan air kemih dapat lewat). Air yang masuk ke tubuh, akan diproses di ginjal. Jika kita minum secara berdiri, proses penyaringan tidak dilakukan lagi. Air langsung menuju ke kandung kemih. Jika ini dilakukan, pengendapan pada saluran ureter tidak dapat dihindari. Sisa-sisa limbah yang mengendap di ureter dapat menyebabkan kristal di ginjal. Jadi, selain penyerapan cairan oleh tubuh menjadi tidak optimal, juga membahayakan kesehatan ginjal. Kristal ginjal merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Pemicu awalnya adalah susah kencing. 
# Bahaya makan sambil berdiri
BAHAYA MINUM DAN MAKAN SAMBIL BERDIRI
Begitu juga dengan makan, Menelan makanan sambil berdiri dapat menyebabkan saraf kelana melakukan refleksi, sehingga terjadi di banyak lapisan endotel yang berada di sekeliling usus. Jika refleksi ini terjadi secara keras dan mendadak, dapat menyebabkan saraf vagal inhibition tidak berfungsi. Jika hal ini terjadi secara berulang-ulang dapat membahayakan jantung, bahkan kematian secara mendadak. 

Efeknya bukan hanya itu, makan dan minum sambil berdiri yang dilakukan berulang-ulang dapat menyebabkan luka pada lambung dan dinding usus. Hampir semua kasus luka pada lambung terjadi di tempat yang biasa bertumbukan dengan makanan yang masuk ke tubuh. Cara makan dan minum yang salah ini dapat memicu reflux asam lambung, yang pada akhirnya naik ke esophagus, serta menyebabkan iritasi pada sel-sel kerongkongan. Jika dilakukan secara terus-menerus, makan sambil berdiri berpotensi menyebabkan kanker saluran esophagus.

Ketika seseorang berdiri, otot pada tenggorokan mengalami pengerutan. Hal ini menghalangi perjalanan makanan ke usus, kadang fungsi pencernaan menjadi terganggu dan timbul rasa sakit.


BAHAYA MINUM DAN MAKAN SAMBIL BERDIRIKetika posisi berdiri, organ pada pusat saraf yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan, bekerja keras agar dapat mempertahankan seluruh otot tubuh. Keadaan saraf pada posisi ini kurang tenang. Makan sambil duduk menguntungkan tubuh, karena saraf dalam keadaan tenang sehingga sistem pencernaaan terkontrol dan siap menerima makanan yang masuk. Makan dan minum sabil berdiri dapat menyebabkan disfungsi saraf.

Begitu pula dengan minum sambil duduk memilik banyak manfaat kesehatan. Selain tubuh merasakan kesegaran air yang masuk, makanan atau minuman tersebut melewati dinding usus secara lembut dan perlahan.

Sobat, akhirnya kita mengerti bukan, betapa bahayanya makan dan minum sambil berdiri. Hal ini sebenarnya sudah jauh-jauh diajarkan oleh nabi kita Nabi Muhammad Saw pada saat zamannya. Dan dengan adanya bukti-bukti atau alasan secara medis, ternyata kebenaran tidaklah dapat terbantahkan.Silahkan pertahankan cara makan yang salah, jika anda ingin mempertahankan pola hidup yang salah. Tubuh kita telah didesain secara sempurna. Posisi terbaik saat makan adalah duduk. Jika anda mengganggu keseimbangan alami tersebut, bersiaplah menghadapi berbagai resiko yang buruk.
Semoga informasi ini bermanfaat..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Artikel Terpopuler