Pengertian Metabolisme Asam Amino

Oni
Pengertian Metabolisme Asam Amino


Metabolisme Asam Amino - Setiap harinya manusia melakukan berbagai aktivitas, mulai dari aktivitas yang ringan hingga berat. Untuk itu manusia membutuhkan asupan gizi agar kebutuhannya terpenuhi. Protein merupakan salah satu asupan gizi yang penting dalam tubuh makhluk hidup. Untuk itu dibutuhkan asam amino sebagai sumber untuk membentuk protein dalam tubuh. Kebutuhan masing-masing individu akan asam amino berbeda-beda, dimana apabila di dalam tubuh terdapat kadar asam amino yang tinggi maka akan berdampak pada penceraan. Asam amino sendiri memiliki fungsi penting dalam pencernaan makhluk hidup sehingga dapat disebut sebagai metabolisme asam amino.


Pengertian Metabolisme Asam Amino

Metabolise merupakan peristiwa pertukaran zat dalam makhluk hidup yang bersifat kimia yang melibatkan organisme dangan lingkungannya. Secara umum metabolisme terbagi atas 2 macam, yaitu katabolisme dan anabolisme. Katabolisme adalah peristiwa penguraian zat menjadi sebuah molekul yang volumenya lebih kecil dan diolah menjadi energi. Sedangkan anabolisme adalah reaksi yang ditunjukkan untuk merangkai sebuah senyawa organik yang berasal dari partikel-partikel tertentu dengan tujuan agar mudah diserap oleh tubuh individu.

Asam amino merupakan senyawa dengan jenis yang bermacam-macam yang memiliki manfaat dan tugas yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Biasanya asam amino bertugas untuk membentuk enzim yang ada dalam tubuh.  Dalam perannya, asam amino tediri dari karbosilat dan gugus amino. Asam amino ini memiliki hubungan yang kuat dengan metabolisme yang nantinya akan mempengaruhi hormon ataupun sistem imunitas pada makhluk hidup. ( baca : Jenis-jenis Enzim )


Jadi, metabolisme asam amino adalah proses pertukaran senyawa atau zat yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup secara kimiawi dengan tujuan untuk membentuk protein dalam tubuh.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Artikel Terpopuler