Pengertian Metabolisme Lemak

Oni

Slamat datang kembali di situs kehidupanajip.com, Kali ini kita akan membahas tentang METABOLISME LEMAK, simak selengkapnya disini.

pengertian-metabolisme-lemak


Pengertian Metabolisme Lemak


Metabolisme lemak, Lemak ialah salah satu dari tiga makronutrisi yang dapat ditemukan dalam sebuah organisme, bareng karbohidrat dan protein. Fungsi lemak pada manusia ialah sebagai sumber energi (di samping karbohidrat).

Kita tidak jarang mengenal lemak sebagai ‘lipid’, namun sebenarnya, lemak ialah sub-kelompok dari kumpulan molekul lipid. Molekul lemak terdiri dari 2 bagian:


  1. Tulang Punggung Gliserol
  2. Tiga ‘ekor’ Asam Lemak.


Gliserol ialah molekul organik kecil dengan 3 kumpulan hidroksil (OH), sementara asam lemak terdiri dari  rantai panjang hidrokarbon yang menempel pada kumpulan hidroksil. Asam lemak lazimnya terdiri dari 12 hingga 18 karbon, meskipun terdapat yang hanya mempunyai 4 atau bahkan 36.


Pengertian Lemak

Para pakar biokimia dalam Kongres Internasional Kimia Murni dan Terapan (International Congress of Pure and Applied Chemistry) bersepakat memberi pengertian bahwa yang tergolong ke dalam kelompok lipid yakni memiliki ciri khas fisika sebagai berikut:


  1. Tidak larut dalam air, namun larut dalam satu atau lebih dari pelarut organik laksana contohnya eter, aseton, benzena, dan atau kloroform.
  2. Terdapat hubungan dengan asam-asam lemak lainnya.
  3. Bisa dipakai atau dimanfaatkan oleh organisme uniseluler.

Molekul lemak memiliki nama lain yakni triasilgliserol atau trigliserida, dan pada tubuh manusia, trigliserida ini ditabung pada sel lemak khusus, yakni adipocytes, yang menyusun jaringan yang dinamakan dengan jaringan adipose.

Asam lemak ialah asam karboksil yang menjadi sumber bahan bakar urgen (di samping karbohidrat) guna hewan, sebab ketika dirombak, asam lemak bakal menghasilkan tidak sedikit energi ATP. Banyak tipe-tipe sel yang dapat menggunakan glukosa atau asam lemak guna energi. Asam lemak dapat dibedakan menurut keterangan dari panjang rantainya dan derajat kejenuhannya. Berdasarkan keterangan dari kejenuhannya, asam lemak dipecah menjadi :

  • Asam lemak jenuh


Adalah ketika hanya ada satu ikatan antara rantai hidro karbon. Pada asam lemak jenuh, tidak sedikit atom hidrogen yang menempel pada rangka karbon. Asam lemak jenuh mempunyai ‘ekor’ yang lurus, jadi molekul lemak dengan ekor yang jenuh dapat membungkus erat antara satu sama lain. Hal ini menghasilkan lemak yang berbentuk padat pada suhu ruangan. Contoh dari asam lemak jenuh yang umum ialah asam butirat, asam stearat, asam palmitat, dan asam kaproat.


  • Asam lemak tidak jenuh


Adalah saat rantai hidrokarbon mempunyai ikatan ganda. Pada asam lemak tidak jenuh, atom hidrogen yang menempel pada karbon lebih sedikit. Jika hanya mempunyai satu ikatan ganda pada asam lemak, dinamakan monounsaturated, sedangkan andai ada tidak sedikit ikatan ganda, dinamakan polyunsaturated. Asam lemak tidak jenuh akan berbentuk cair pada suhu ruangan. Anda mungkin tak asing menyebuat asam lemak ini sebagai minyak.  Contoh dari asam lemak ini ialah asam linoleat, asam linolenat, dan asam oleat.


Metabolisme Asam Lemak

Metabolisme asam lemak (sama laksana metabolisme lainnya) terdiri dari proses katabolik yang menghasilkan energi, dan proses anabolik yang menciptakan molekul urgen seperti trigliserida, second messenger, hormon lokal, dan badan keton. Metabolisme lemak ialah proses perumahan dalam tubuh organisme yang mempunyai sejumlah reaksi dan jalurnya tersendiri.

Itulah pengertian Singkat tentang Metabolisme Lemak. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagai kalian, silahkan follow situs kami untuk mengetahui informasi terbaru dari kami. Terimakasih sudah berkunjung.


Referensi Artikel : dosenbiologi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Artikel Terpopuler