Tips Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Oni
Tips Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Wajah Berminyak


Tips Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Wajah Berminyak - Selamat datang kembali di situs kehidupanajip.com, kali ini kita akan membahas tentang cara merawat dan mengatasi kulit berminyak.
Siapa disini yang memiliki kulit berminyak ?, pasti ada sebagian dari kalian yang memiliki kulit berminyak.
Orang yang memiliki kulit wajah berminyak itu cenderung berisiko memiliki jerawat lebih banyak dari orang yang yang memiliki kulit wajah kering dan normal.
Selain itu, bagi wanita yang memiliki kulit berminyak itu lebih sulit untuk berias menggunakan make up.

Maka dari itu jangan dulu bersedih hati, karena kali ini kami akan memberikan tips cara mengatasi dan merawat kulit wajah yang berminyak.

Namun sebelumnya kita cari tahu dulu penyebab kulit wajah berminyak, yaitu diantaranya:

  • Faktor keturunan (genetik)
  • Penggunaan kosmetik yang tidak cocok
  • Sering tidur larut malam
  • Perubahan hormon
  • Makanan
  • Sering stres
  • Iklim dan cuaca     


Itulah penjelasan singkat penyebab kulit wajah berminyak, Sekarang kita bahas cara merawat kulit wajah berminyak.

Tips Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak




1. Mencuci muka dengan teratur

Banyak orang yang beranggapan jika kulit berminyak harus sering mencuci muka untuk mengurangi produksi minyak, namun pada kenyataannya terlalu sering mencuci muka dapat meningkatkan produksi minyak berlebih. Jadi cukup mencuci wajah 2-3 kali sehari tergantung tingkat aktivitas anda, jika anda sering melakukan aktivitas diluar rumah dan memakai make up, maka anda bisa mencuci muka anda 3 kali sehari yaitu pada pagi, siang dan malam sebelum tidur. Dan jangan lupa untuk memastikan menggunakan pencuci wajah yang diformulasikan khusus untuk jenis kulit berminyak, sehingga produksi minyak dapat terkontrol dengan baik.

2. Gunakan pelembab khusus

Memiliki kulit wajah berminyak bukan berarti anda tidak membutuhkan pelembab, krim pelembab wajah juga sangat dibutuhkan oleh kulit wajah yang berminyak untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit dengan maximal. Namun jangan sampai salah memilih produk krim pelembab wajah, pilihlah pelembab wajah yang khusus untuk jenis kulit yang berminyak. Untuk mendapatkan pelembab terbaik untuk kulit berminyak, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit agar mendapatkan produk terbaik.

3. Hindari mengkonsumsi makanan berminyak

Terlalu sering mengkonsumsi makanan berminyak dapat meningkatkan produksi minyak berlebih pada wajah anda. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari makanan-makanan yang mengandung minyak seperti goreng-gorengan dan makanan berlemak agar kulit wajah anda tidak semakin mengkilap. Ganti makanan berminyak dengan jenis-jenis makanan yang bernutrisi baik untuk kulit agar dapat mengendalikan produksi minyak berlebih.


Baca Juga :
Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Dengan Cepat
15 Tips Cara Memutihkan Kulit Badan Secara Alami
Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Awet Muda
10 Cara Terbaik Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami
7 Cara Utama Merawat Kulit Wajah Secara Alami yang Aman



4. Meminimalkan penggunaan make up

Wanita yang memiliki kulit wajah berminyak tidak baik melakukan riasan-riasan memakai make up secara berlebihan, karena dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit wajah yang dapat memicu produksi minyak berlebih. Maka dari itu, gunakanlah make yang ringan dan seperlunya saja. jika memang diperlukan, gunakan produk BB Cream sebagai pengganti dari produk foundation dan pilih produk yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak.

5. Perbanyak minum air putih

Minum air putih dalam jumlah cukup mampu mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Maka dari itu, perbanyak minum air putih ( bukan air teh ) setiap harinya jika anda memang sangat suka mengkonsumsi makanan berminyak.




6. Gunakan bedak tabur

Jenis bedak yang paling baik untuk kulit berminyak yaitu bedak dengan tekstur yang ringan, pemakaian bedak padat dapat menyebabkan pori-pori kulit wajah tersumbat dan menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo. Maka dari itu, jika anda mencari bedak yang cocok untuk kulit berminyak sebaiknya pilih jenis bedak tabur dengan tekstur yang ringan.


7. Jangan menggosok wajah

Umumnya banyak orang yang sering menggosok wajah dengan handuk setiap selesai mandi atau cuci muka ( stop !! ).  Padahal kebiasaan tersebut sangat tidak dianjurkan, karena dapat menyebabkan wajah berjerawat, iritasi dan juga kemerahan. Cukup dengan menepuk-nepuk wajah dengan handuk secara perlahan ketika akan mengeringkan wajah.

8. Gunakan kertas minyak

Ketika kulit wajah tampak mengkilap, maka anda jangan langsung mencuci wajah apalagi jika bukan waktunya untuk mencuci wajah dengan sabun. Anda bisa menggunakan kertas minyak untuk menghilangkan minyak di wajah, caranya cukup menempelkan kertas minyak pada wajah anda dan diamkan selama beberapa menit sampai minyak terserap seluruhnya pada kertas tersebut, atau bisa menggunakan sapu tangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari penggunaan pencuci wajah secara berlebihan.

Itulah beberapa tips perawatan kulit wajah berminyak, Lakukan tips diatas secara rutin dan teratur agar minyak yang ada pada kulit wajah sedikit demi sedikit berkurang.

Sekarang kita akan membahas tips cara mengatasi kulit wajah berminyak untuk mengurangi jumlah minyak yang ada di kulit wajah. Kalian bisa baca pembahasannya di artikel ini "Tips Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak"




Itulah pembahasan singkat mengenai Tips Cara Merawat dan Mengatasi Kulit Wajah Berminyak, semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua. Kami ucapkan terimakasih atas kunjungannya.
Silahkan share artikel ini agar yang lain dapat merasakan manfaatnya.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Artikel Terpopuler