Inilah Cara Cepat Mengobati Biduran Dengan Bahan Alami

Oni
cara-cepat-mengobati-biduran-secara-alami


Cara Mengobati Biduran - Selamat datang kembali di situs kehidupanajip, kali ini kami akan membahas tentang cara cepat mengobati biduran dengan menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi tubuh kita. Sebelumnya apa kalian tahu apa itu biduran ?


Biduran atau urtikaria adalah reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah atau putih yang terasa gatal. Bilur ini dapat muncul di satu bagian tubuh atau menyebar ke bagian tubuh lainnya. Ukuran dan bentuk bilur pun bisa berbeda-beda, dari beberapa millimeter hingga sebesar tangan. Salah satu penyebab umum biduran adalah alergi.

Selain terasa gatal, ruam pada kasus biduran juga bisa terasa perih atau menyengat. Ruam ini dapat muncul di seluruh bagian tubuh, termasuk wajah, bibir, lidah, teggorokan, dan telinga. Gejala biduran bisa berlangsung selama beberapa jam atau hari.

Biduran sendiri merupakan kondisi yang umum dialami oleh semua orang pada segala usia. Namun, biduran  lebih sering terjadi pada anak-anak dan wanita pada usia 30-60 tahun. Selain itu, orang yang memiliki riwayat alergi juga lebih berisiko untuk mengalaminya.


Penyebab Biduran atau Urtikaria

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya biduran:

- Paparan udara panas atau dingin.
- Kontak dengan pemicu atau penyebab alergi (misalnya gigitan serangga).
- Obat-obatan tertentu (misalnya antibiotik dan obat antiinflamasi nonsteroid)
- Infeksi (misalnya influenza).

Penyebab pasti urtikaria belum dapat dipastikan. Kendati demikian, beberapa faktor juga bisa memperburuk gejala yang ada, di antaranya adalah konsumsi minuman beralkohol atau minuman berkafein, stres, dan suhu udara yang panas.

Cara Cepat Mengobati Biduran atau Urtikaria


Biduran atau urtikaria umumnya tidak memerlukan pengobatan khusus. Gejala ini biasanya akan menghilang dalam beberapa hari. Jika terasa sangat mengganggu, obat antihistamin bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatalnya. Untuk kasus yang lebih parah, konsumsilah tablet kortikosteroid. Obat-obat tersebut dapat anda peroleh di apotek terdekat, namun lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk penggunaan obat tersebut.

Selain menggunakan obat-obat tersebut, biduran dapat diobat dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh serta aman dalam penggunaannya.

Berikut ini cara mengobati biduran atau urtikaria secara alami :


1. Daun Sirih

Bahan alami satu ini terbilang ampuh dalam mengobati biduran dan caranya pun tergolong mudah untuk dilakukan. Caranya yaitu dengan mengumpulkan daun sirih sebanyak 20 lembar, kemudian rebuslah daun sirih tersebut sampai mendidih. Setelah itu, saringlah air rebusan tersebut. Setelah disaring minumlah air rebusan tersebut agar dapat mengobati biduran dari dalam.

2. Air Kelapa Hijau

Untuk menghilangkan racun di tubuh kita, air kelapa hijau benar-benar baik dan sudah terbukti sangat efektif sebagai penetralisir racun didalam tubuh. Tapi ada kegunaan lain dari air kelapa hijau yang tidak boleh dilupakan, yaitu mengatasi biduran yang disebabkan oleh alergi makanan. Pernah mengalaminya dan begitu mengganggu? Jika sampai terkena biduran lagi, jangan ragu untuk memilih air kelapa hijau segar untuk dikonsumsi berturut-turut selama 3 hari agar proses kesembuhan lebih cepat.

3. Kompres Denga air Dingin atau Es


Iritasi kulit pada waktu terkena biduran bisa diatasi dengan sederhana dan terkadang dengan di kompres pun sudah termasuk cukup untuk cara mengatasi biduran, anda bisa mengkompresnya dengan air dingin ataupun es batu. Rasa gatal akan berkurang ketika di kompres, caranya dengan di tempelkan ke permukaan kulit. Jika mau menggunakan es batu, disarankan balutlah es batu dengan handuk agar es batu tidak langsung terkena kulit, karena kalau langsung terkena kulit itu rasanya pasti dingin banget... :D. Setelah itu tunggulah sampai rasa gatalnya hilang secara bertahap.

4. Cuka Beras Hitam dan Jahe

Cuka beras hitam yang diramu bersama dengan jahe akan mampu mengatasi biduran, yaitu dengan menyiapkan cuka beras hitam sebanyak 100 cc, lalu ditambah dengan jahe 30 gram. Pastikan juga kita menyiapkan gula merah secukupnya sebagai penambah rasa. Jahe bisa ditumbuk lebih dulu sampai benar-benar halus dan selanjutnya dapat direbus dengan bahan lainnya. Ketika sudah matang atau mendidih, tunggu sampai dingin, baru ramuan alami ini bisa dikonsumsi sehari 2 kali setiap hari hingga biduran membaik.

5. Minyak Zaitun dan Minyak Kayu Putih

Obat biduran yang pastinya juga ampuh dan layak dicoba adalah gabungan antara minyak kayu putih dengan minyak zaitun, di mana cukup disediakan 1 sendok makan untuk masing-masing bahan tersebut. Untuk tambahan, kita juga bisa ambil menthol kristal dengan takaran yang sama namun ini hanya untuk tambahan saja. Baru setelah itu semua bahan dapat diaduk sampai rata bersama-sama. Setelah tercampur secara merata, oleslah ramuan tersebut ke bagian kulit yang terkena biduran, bila dilakukan secara teratur dipastikan hasil penyembuhan akan terasa secara maksimal.

6. Daun Kelor dan Bawang Merah

Bahan-bahan ini di luar dugaan mampu mengobati biduran secara alami. Sediakan daun kelor 3 lembar ditambah dengan bawang merah 1 siung saja, serta pulosari 2 gram sebagai tambahan. Bahan-bahan ini selanjutnya perlu direbus bersama-sama dengan air 3 gelas, tunggu sampai mendidih dan hanya tersisa 2 gelas. Saringlah terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa dikonsumsi dengan meminum air tersebut. Meminumnya sehari 2 kali agar proses penyembuhannya bisa lebih cepat dan maksimal.


Itulah beberapa tips cara mengobati biduran atau urtikaria secara alami. Pilihlah cara mana yang akan digunakan serta lakukanlah cara-cara tersebut secara rutin agar memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi yang sedang terkena biduran. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Silahkan SHARE dan ikuti terus situs kehidupanajip.com untuk memperoleh tips-tips menarik lainnya.


Referensi artikel : alodokter.com, halosehat.com



Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Artikel Terpopuler