Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Secara Alami Tanpa Obat

Oni
Cara-Cepat-Menurunkan-Kolesterol-Secara-Alami-Tanpa-Obat

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol - Selamat datang kembali di situs kehidupanajip.com, kali ini kita akan membahas seputar cara cepat menurunkan kolesterol. Apakah anda bingung bagaimana cara menurunkan kolesterol dengan cepat tanpa obat-obatan ? Kolesterol memang berbahaya dan harus di obati, namun bukan berarti anda harus mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia setiap hari selama beberapa bulan atau bahkan selama bertahun-tahun.

Ingat, konsumsi obat-obatan bisa membahayakan tubuh anda sendiri. Sebagian besar orang yang mengalami kolesterol tinggi, mereka menginginkan cara yang instan untuk penyembuhan penyakit tersebut.

Padahal ada cukup banyak cara alami yang juga efektif untuk menurunkan kolesterol.

Cara paling cepat untuk menurunkan kolesterol adalah mengkombinasikan perubahan gaya hidup dan perubahan pola makan. Tidak ada solusi yang langsung menunjukkan hasil, tetapi tetap saja, kolesterol tinggi harus diturunkan. Karean kolesterol tinggi memperparah risiko penyumbatan arteri dan serangan jantung.

Jadi cobalah lakukan cara ini secara rutin agar memperoleh hasil yang diharapkan.
Ok, sekarang kita langsung saja membahas tetang cara cepat menurunkan kolesterol secara alami tanpa obat.

Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Secara Alami


1. Mengubah Gaya Hidup

Untuk yang pertama yaitu dengan mengubah gaya hidup. Untuk mempercepat penurunan kolesterol anda harus merubah gaya hidup anda, yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat.
Ada beberapa cara untuk melakukan gaya hidup sehat yaitu :


  • Mulailah berolahraga : Cara ini sangat penting bahkan diwajibkan bagi semua orang, karena dengan berolahraga akan meningkatkan kemampuan tubuh kita dalam menurunkan lemak dan kolesterol dalam tubuh. Namun, anda harus melakukan olahraga secara perlahan dan tidak langsung melakukan kegiatan olahraga yang berat. Untuk cara menurunan kolesterol dengan berolah raga anda bisa memulainya dengan jalan kaki, joging, berenang, bersepeda, dsb. Yang terpenting lakukanlah olahraga yang tidak memberatkan tubuh anda.
  • Berhentilah merokok : Mungkin untuk sebagian orang sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok, padahal rokok itu sangat berbahaya bagi semua orang apa lagi untuk penderita kolesterol. Jadi cobalah untuk menghentikan kebiasaan merokok anda, karena dengan menghentikan kebiasaan merokok dapat mengurangi kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit paru-paru.
  • Menjaga berat badan : Berat badan yang terkontrol dapat membantu usaha menurunkan berat badan. Jika anda gemuk, maka menurunkan 5% dari berat badan anda sudah dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh anda. 
  • Kurangi mengkonsumsi Alkohol : Alkohol menganduh kalori yang tinggi dan rendah nutrisi. Artinya, meminum banyak alkohol akan meningkatkan risiko obesitas dan akan menambah tingkat kolesterol dalam tubuh.


2. Merubah Pola Makan Anda


Untuk yang kedua yaitu dengan mengubah pola makan yang tidak sehat. Di jaman sekarang banyak sekali makanan-makanan cepat saji yang rasanya enak dan begitu menggoda, padahal makanan tersebut sangat tidak di anjurkan untuk menderita kolesterol, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu ada juga beberapa cara menurunkan kolesterol dengan mengubah pola makan, yaitu:


  • Kurangi jumlah kolesterol yang di konsumsi : Ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, jadi lebih baik anda mengurangi memakan makanan tersebut. Makanan yang dimaksud itu diantaranya kuning telur, jeroan hewan, daging merah, produk olahan susu berlemak meliputi yoghurt, krim dan keju.
  • Hindari lemak trans dan lemak jenuh : Kedua jenis lemak tersebut meningkatkan kadar kolesterol. Karena tubuh memerlukan sedikit lemak, Anda bisa mendapatkannya dari lemak tak jenuh. Memasak dengan lemak tak jenuh tunggal seperti minyak kanola, minyak kacang, dan minyak zaitun. Hindari memakai minyak sawit, lemak babi, mentega, atau lemak beku. Makan daging tanpa lemak, seperti unggas dan ikan.
  • Perbanyak makan buah dan sayur : Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan serat, dengan lemak dan kolesterol yang sangat rendah. Makanlah 4–5 saji buah dan 4–5 saji sayur setiap hari. Atau anda bisa mengolah sayuran tersebut sampai anda bisa menikmatinya. 
  • Perbanyaklah memilih makanan berserat tinggi : Serat dapat membantu Anda mengontrol kolesterol. Serat dianggap sebagai "pembersih alami" dan konsumsi rutin akan menurunkan kadar kolesterol. Anda juga akan merasa lebih kenyang sehingga hanya akan menyantap sedikit makanan yang tinggi kolesterol dan tinggi kalori.
  • Diskusikan mengenai penggunaan suplemen dengan dokter : Waspadai produk yang memberi janji penurunan kolesterol yang tidak realistis. Badan POM tidak ketat mengatur suplemen sebagaimana obat. Artinya, tidak banyak tes yang dilakukan untuk menguji keefektifannya dan dosis yang dianjurkan pun tidak konsisten. Penting untuk diketahui bahwa meskipun bahannya alami, suplemen tetap dapat berinteraksi dengan obat lain, termasuk obat bebas resep. Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan suplemen apa pun, terutama jika Anda hamil, menyusui, atau merawat anak.


Itulah tips cara cepat menurunkan kolesterol secara alami. Sekarang kita bahas beberapa makanan/minuman penurun kolesterol dan cara penggunaannya :

Makan/Minuman Penurun Kolesterol :

1. Minum air jeruk nipis setiap pagi dan malam

Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Anda cukup dengan meminum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan segelas air hangat di pagi saat bangun tidur dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat segera berkurang.

2. Minum jus anggur

Kandungan anti-oksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Anggur sendiri juga mengandung flavonoid yang tentu saja bertindak sebagai anti-oksidan. Minumlah jus anggur minimal sehari sekali secara rutin untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Minum jus jambu merah

Banyak sekali kandungan dalam jambu merah yang tentu saja bermanfaat bagi tubuh Anda. Ada anti-oksidan, fitonutrein, vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, kalium, dan masih banyak lagi. Maka dari itu mulailah meminum jus jambu merah secara rutin.

4. Kulit manggis

Tidak hanya buahnya yang bisa Anda makan, kulit manggis juga memiliki banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh Anda. Kulit manggis mengandung xanthone yang merupakan bahan aktif sebagai zat anti-kanker dan anti-oksidan, jauh lebih kuat dibandingkan vitamin C dan E.

Anda bisa memilih mengkonsumsi ektrak kulit manggis yang banyak beredar di masyarakat atau dengan memblender kulit manggis lalu meminumnya langsung.

5. Mengkonsumsi bekatul

Apakah Anda tahu apa itu bekatul? Bekatul merupakan sisa penggilingan padi ke dua. Saat padi digiling, kulit padi akan terpisah dari kulitnya. Nah itulah yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh Anda.

Yang berperan untuk menurunkan kolesterol dalam bekatul adalah kandung tokotrienol. Tokotrienol berfungsi menghambat kerja enzim yang bisa menimbun kolesterol di tubuh. Bekatul juga merupakan sumber serat pangan yang baik untuk memperlancar pencernaan. Kemampuan serat pangan adalah mengikat asam empedu yang nantinya keluar bersama dengan tinja.

Ada beberapa cara untuk mengkonsumsi bekatul :

Yang pertama adalah :

- Kukus bekatul selama 30 menit
- Lalu keringkan dan konsumsi

Yang kedua adalah :

- Sangrai bekatul tanpa minyak selama 10 menit.
- Bekatul siap dikomsumsi


Itulah beberapa cara cepat menurunkan kolesterol secara alami dan beberapa jenis makan/minuman penurun kolesterol.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat, lakukan cara diatas secara rutin agar memperoleh hasil yang maksimal.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami, silahkan SHARE artikel ini agar yang memperoleh manfaatnya.

Referensi artikel : id.wikihow, merdeka.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Artikel Terpopuler